Visit Barus 2010

Saturday, June 28, 2008

Medan: Imigran Tionghoa Kendalikan Perampokan Modus Baru

Minggu, 29 Juni 2008 07:02 WIB
Modus Baru, Perampok Manfaatkan Iklan
RUDI ARMAN
WASPADA ONLINE

(MEDAN) - Reskrim Unit Idik I Jahtanras Poltabes Medan, Sabtu (28/6) membongkar jaringan perampokan dengan modus baru yang dikendalikan seorang WNI keturunan Tionghoa.

Perampokan itu menggunakan iklan di media massa, kata Kasat Reskrim Kompol Budi Haryanto, SiK dan Kanit Jahtanras AKP Achiruddin Hasibuan, SH. Pihaknya selain menyita barang bukti hasil kejahatan, polisi juga meringkus 4 pelakunya termasuk dalangnya.




Keempat tersangka, Koko, 42, WNI turunan Tionghoa warga Jln. Karya Gang Pipa, Manan, 34, warga Jln. Karya Jaya Gang Karya 14, Fredi, 31, warga Jln. Brigjend Katamso Gang Perbatasan, serta Aben, 30, warga Jln. Karya Jaya Gang Karya Medan.

Kapoltabes Medan Kombes Pol. Drs. H. Bambang Sukamto, SH, MH didampingi Kasat Reskrim Kompol Budi Haryanto, SiK kepada wartawan membenarkan penangkapan itu. Para tersangka ditangkap di kediamannya masing-masing.

Dijelaskan Bambang, aksi perampokan yang dikendalikan seorang WNI turunan itu merupakan modus baru dari serangkaian aksi perampokan yang terjadi di Medan .

Modus operandi yang digunakan para pelaku dengan cara melihat iklan handphone yang termuat di surat kabar terbitan Medan. Setelah itu tersangka menghubungi calon korban dengan berpura-pura mau jual handphone.

Setelah diberi alamat lengkap, calon korban pun datang dengan membawa sejumlah uang untuk membeli handphone tersangka. Setibanya di lokasi yang telah dijanjikan, tanpa basa basi lagi sindikat perampokan itu langsung menodong korban dengan senjata tajam, lalu menguras semua barang berharga yang dibawa korban.


No comments: