Visit Barus 2010

Thursday, March 15, 2007

Batu Garigis

40 Tahun Belum Pernah Diperbaiki, Kondisi Pasar Batu Gerigis Barus Memprihatinkan

Mar 12, 2007 at 08:09 AM
Barus (SIB)

Hampir 40 tahun Pasar Batu Gerigis Barus sebagai salah satu kebanggaan masyarakat Barus dan sekitarnya belum pernah diperbaiki. Kini kondisinya sangat memprihatinkan dan kumuh, bahkan di hari pekan (Rabu dan Sabtu), pasar tersebut tidak mampu lagi menampung para pedagang yang berjualan. “Dari sisi pertumbuhan penduduk dan sejarah berdirinya pasar Batu Gerigis, lokasinya sudah tidak layak lagi dijadikan sebagai pasar di pusat ibukota kecamatan tertua dan bersejarah di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Apalagi, di hari hari pekan, pedagang rata-rata harus merambah hingga ke pekarangan rumah penduduk, sebab pasar tidak mampu lagi menampung banyaknya pedagang”, kata Camat Barus Antonius Susanto SP kepada SIB di ruang kerjanya di Barus, Selasa (6/3).

Selain itu, kata Antonius Susanto, kondisi pasar saat ini sudah lebih rendah dari badan jalan, sehingga dikhawatirkan rawan banjir. “Padahal, dulunya (zaman penjajahan) Pasar Batu Gerigis Barus sangat dikenal di belahan nusantara, sebab waktu itu Bangsa Portugis mengangkut hasil bumi seperti kemenyan, kapur barus, cengkeh, buah pala, kayu manis dan hasil bumi lainnya dari Pasar Batu Gerigis”, kisahnya.

Ia mengakui, saat ini usulan pembangunan Pasar Baru Batu Gerigis Barus sudah disampaikan ke forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Tapteng, baru-baru ini. “Masyarakat berharap agar usulan pembangunan pasar baru dapat menjadi prioritas Pemkab Tapteng, sebab kebutuhannya saat ini sangat mendesak, khususnya dalam upaya memacu perekonomian masyarakat Barus”, imbaunya.

Tokoh masyarakat Barus St P Silalahi, mengaku optimis, Bupati Tapteng Drs Tuani Lumbantobing yang selama ini dikenal sebagai kepala daerah yang dekat dengan masyarakatnya dan getol membangun Tapteng akan memperhatikan aspirasi masyarakat Barus yang memang sudah sejak lama menginginkan dibangunnya Pasar Batu Gerigis Barus.

Menanggapi usulan masyarakat Barus tersebut, Bupati Tapteng Drs Tuani Lumbantobing dalam kunjungannya baru-baru ini ke HKBP Pasar Barus sempat menyinggung aspirasi masyarakat yang mengkehendaki pembangunan Pasar Barus. “Bila seluruh pedagang sepakat dan masyarakat tidak ada yang komplain, Pemkab pada prinsipnya siap membangun Pasar Barus, bahkan bila perlu dibangun bertingkat dan mampu menampung seluruh pedagang yang selama ini berjualan di lokasi pasar Batu Gerigis Barus”, katanya.

No comments: