Visit Barus 2010

Thursday, March 15, 2007

MTQ Pandan

Bupati Drs Tuani Tobing Buka MTQ & Festival Nasyid Kabupaten Tapteng

Mar 16, 2007 at 08:42 AM
Pandan (SIB)

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Drs Tuani Lumbantobing secara resmi, Rabu (14/3) malam membuka Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke - 33 dan Festival Seni Nasyid ke 18 tingkat Kabupaten Tapteng di lapangan bola Pandan .

Acara pembukaan diawali pawai taa’ruf keliling kota Pandan diikuti kafilah dari 15 kecamatan, pelajar dan organisasi pemuda Islam,serta ditandai dengan pemukulan beduk, pelantikan dewan juri dan penyerahan piala bergilir untuk diperebutkan
Asisten I Pemerintahan dan Kesos Drs Ahmad Daud Batubara selaku ketua umum Panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan , MTQ ke-33 dan Festival Nasyid ke -18 berlangsung selama 2 hari, 15-16 Maret 2007 pagi ,siang dan malam hari.

Cabang yang diperlombakan dalam MTQ tersebut bidang tilawah dari tingkat Tartil, tingkat anak-anak,Remaja,sampai tingkat Dewasa putra dan putri , Fahmil Qur’an ,Syarhil Qur’an ,Khottil Qur’an dan Festival Seni Nasyid.

Pemenang MTQ akan menjadi utusan Kab Tapteng mengikuti STQ tingkat Propinsi di Medan pada akhir bulan Maret ,sedang pemenang Festival Seni Nasyid akan menjadi utusan mengikuti FSN tingkat Propinsi di Langkat bulan Juli mendatang.

Bupati Tapteng Drs Tuani Tobing dalam arahannya mengatakan, kegiatan MTQ dan FSN bukan merupakan kegiatan serimonial, akan tetapi merupakan salah satu upaya mengali dan memahami isi kandungan dari Al-Qur’an itu sendiri ,baik untuk diri pribadi peserta maupun bagi kaum Muslimin/Mulimat yang mengikuti kegiatan MTQ tersebut
Sebagai Bupati Tapteng menyambut baik dan positif pelaksanaan MTQ dan FSN yang bersifat pembinaan mental, sehingga tidak hanya mengejar pembangunan fisik semata akan tetapi ada perimbangan antara pembangunan fisik dengan pembangunan mental spiritual.

Bupati meminta kaum muslimin/muslimat agar dapat meluangkan waktu hadir di arena mendengar lantunan merdu dari peserta MTQ dan FSN,begitu juga kepada non - muslim agar bersama-sama menjaga ,menghormati kegiatan MTQ dan FSN yang sedang berlangsung . Kepada dewan juri diminta untuk dapat memberikan penilaian yang objektif dan rasional kepada seluruh peserta .

Sementara Ketua DPRD Maratua Siregar menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kabupaten atas terselenggaranya MTQ dan FSN tersebut.

Kepada khafilah dan peserta dari seluruh kecamatan diucapkan selamat datang di arena pertandingan dan selamat bermusabaqah baik dalam seni membaca kalam Ilahi maupun seni nasyid “ Pastabiqul Khairat “ dengan harapan ,semua peserta sebagai Juara I. “Kalaupun tidak mendapat kejuaraan jangan putus asa dan jadikan kekalahan sebagai guru yang berharga untuk lebih berpacu pada masa mendatang”, sebutnya.
Pembukaan MTQ dan Festifal Nasyid tersebut dihadiri Qori Internasional Drs H Fahruddin Sarumpaet sekaligus membacakan kitab suci Alquran.

No comments: