Visit Barus 2010

Saturday, March 10, 2007

Kota Sibolga Berbenah Meraih Piala Adipura

Thursday 08 March 2007

Kota Sibolga Berbenah Meraih Piala Adipura

Kebersihan dan keindahan Kota Sibolga kini telah ditingkatkan. Sibolga dibenahi untuk menjadi sebuah kota yang lebih bersih dan lebih indah dari sebelumnya. Mulai dari kebersihan jalan, parit, tanaman penghijauan, keindahan taman kota dan lingkungan masyarakat.

Semua itu dilakukan sebagai salah satu upaya serius yang dilakukan Pemko Sibolga melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan Dan Lingkungan Hidup (KPLH) untuk berjuang kembali meraih Adipura pada tahun 2007 ini.

"Semua titik yang selama ini dinilai kurang memenuhi syarat, telah kita tingkatkan kebersihannya, tentu saja dengan meningkatkan kinerja petugas kebersihan yang ada dibantu dengan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat Kota Sibolga," ungkap Kadis KPLH Kota Sibolga Ir H Rizal Fahri Lubis kepada Global, Rabu (7/3) di ruang kerjanya.

Disebutkan, sejak tahun 2005 lalu, Pemko Sibolga tercatat telah 2 kali sukses meraih piala Adipura dan 3 kali menerima sertifikat Adipura. Dan kini Kota Sibolga terus bersolek dengan mengutamakan kebersihan lingkungan di dalam kota.

"Namun pada tahun 2006 lalu Pemko Sibolga gagal mempertahankannya. Berbekal pengalaman pahit tersebut, pada tahun 2007 ini diharapkan Pemko akan kembali meraih Adipura," ujarnya optimis.

Namun katanya, Pemko Sibolga tidak akan berhasil meraih Adipura, jika tidak didukung oleh segenap lapisan masyarakat dengan partisipasi aktifnya melalui gerakan peduli kebersihan di lingkungannya masing-masing.

"Dalam hal ini masyarakat di Kota Sibolga juga dituntut untuk sama-sama menjaga dan melestarikan kebersihan di lingkungannya," imbuh dia.

Dikatakan Rizal, pihaknya juga masih mengalami kendala yakni kurangnya 2 unit armada pengangkut sampah. Soalnya armada yang dimiliki Dinas KPLH masih berjumlah 14 unit, dengan operasional 10 unit untuk siang dan 4 unit untuk mengangkut sampah pada malam hari.

"Idealnya, armada pengangkut sampah ini harus ada 16 unit agar kinerja petugas sampah lebih efektif di Kota Sibolga," ujarnya.

Beberapa waktu yang lalu, pihaknya juga telah melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui camat dan kepala kelurahan yang ada di Kota Sibolga, termasuk kepada instansi terkait di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pasar dan PDAM.

Sementara itu, khusus untuk Dinas Pendidikan Sibolga berfungsi untuk mensosialisasikan gerakan peduli kebersihan kepada para pelajar melalui kepala sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Sekolah di kota ini dicat dan dihiasi sehingga kelihatan bersih dan indah. “Sedangkan Dinas Kesehatan Sibolga melakukan sosialisasi kepada pimpinan Puskesmas dan rumah sakit,” tandas Rizal.

Tigor Manalu >> Global | Sibolga

No comments: